Sabtu, 27 Maret 2010

proposal pembiayaan

PROPOSAL PENGAJUAN PEMBIAYAAN
CV- TRI IN ONE GROPS



KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB)

PENGADAAN MESIN PRODUKSI
( MESIN CETAK )







UNIT USAHA
TRI IN ONE GROUPS
KANTOR PUSAT KENDARI SULTRA








Hal : Pengadaan Mesin Cetak
Kepada
Yth. ...........................
Di Tempat

Salam sejahtera semoga Allah senantiasa memberikan karunia kepada kita dalam menjalan tugas sehari-hari. Amiin
Seiring dengan perkembangan bisnis yang ada di kota Yogyakarta, terutama yang bergerak di dunia cetak, advertaising dan publissing yang masih berada dalam lingkup mikro msih banyak membutuhkan surplus modal maupun pinjaman dari institusi tertentu untuk meningkatkan produktifitas perusahaan. Selama ini perusahaan masih memiliki cost produksi yang tinggi dikarenakan perusahaan belum memiliki peralatan yang memdai untuk melakukan kegiatan produksi.
Pada kesempatan ini, ijinkan kami mengajukan proposal pembiayaan yang sangat prospektif bagi kita semua. Jangan biarkan kesempatan ini berlalu. Ada beberapa keuntungan bila pihak Bank mau memberikan pembiayaan ataupun menginfestasikan kepada perusahaan kami. Pertama, adalah pihak bank akan mendapatkan selisih dari dana yang di infestasikan sesuai dengan kesepakatan. Kedua, adalah bahwa bisnis dan produk ini adalah yang pertama dan satu-satunya yang ada di kendari sultra. Ketiga, adalah akurasi produk sangatlah tinggi. Keempat, adalah mampu menjadi keunggulan bersaing antar pembisnis lain. Semoga dengan produk alternatif ini kita bersama semakin maju dan berkembang.
Adapun hal-hal lain yang lebih rinci ada pada proposal yang menjadi lampiran surat ini. Demikian proposal pengajuan pembiayaan ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Yogyakarta, Februari 2008
Hormat kami,

TRIONO
Direktur TRI IN ONE GROPS

CV. TRI IN ONE GROPS.
Printing & Publishing


P E N D A H U L U A N
¬
Sebagai kota yang dominan dengan industri jasa, Jogjakarta masih kondusif untuk pengembangan bisnis yang bergerak di bidang percetakan dan advertising. Walau jumlah yang semakin banyak dengan tingkat persaingan harga yang kadang jor-joran, namun kebanyakan percetakan yang ada masih lemah dalam hal manajemen, sehingga akan mempengaruhi kualitas produk dan service. Dengan dasar inilah Kami merintis percetakan dan advertising dengan nama OTRI IN ONE Printing & Advertising sebagai benderanya, yang dimulai sejak Agustus 2004 hingga sekarang.

Dalam perjalanan waktu, TRI IN ONE Printing & Advertising mengalami beberapa kali perubahan identitas perusahaan, baik logo maupun nama perusahaan, yakni menjadi TRI IN ONE Printing & Publishing yang berlokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 0.5, Gg. Jengger No.1, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. TRI IN ONE Printing and Publishing berada dalam naungan CV. TRI IN ONE CORPORATION, yang juga bergerak di bidang lain seperti tekstil dan tailor (Sultra).


VISI, MISI & TUJUAN

TRI IN ONE Printing & Publishing mempunyai visi: “partner be your development bussines” (meng-orbit-kan perusahaan klien/pelanggan).

Sedangkan misi TRI IN ONE Printing & Publishing adalah sebagai berikut:
1. Memberikan konsultasi dibidang promosi/iklan yang efektif dan efisien khususnya dalam hal cetak-mencetak.
2. Mencoba menjadi bagian dari perusahaan klien/customer.
3. Menyajikan kualitas service dan produk semaksimal mungkin sesuai yang diinginkan costumer.

Visi dan misi tersebut di atas bermuara pada tujuan antara lain:
1. Mencapai tingkat zakat yang maksimal.
2. Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.



SASARAN

Sasaran pelanggan CV.TRI IN ONE Printing & Publishing tidak hanya di wilayah Yogyakarta, melainkan juga di seluruh wilayah (khususnya) di Indonesia.

1. Penerbitan (buku, majalah)
2. Kampus PT dan Lembaga Kursus
3. Perusahaan (Negeri dan Swasta)
4. Individu/perorangan


STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi TRI IN ONE Printing & Publishing adalah sebagai berikut:
Direktur (Owner) : Triono
Manager : Lanto
Adm. & Keuangan : Restu Wardani
Art Manager : M. Dedy Aji
Produksi : Bp. Purwanto
Finishing : Komar
Umum/Logistik : Ihsan Nurmashitoh







PROGRAM KERJA

Rencana program kerja untuk 5 (lima) tahun pertama yakni tahun 2008-2012 adalah sebagai berikut:
NO PROGRAM KERJA 2008 2009 2010 2011 2012
01 Sewa bangunan x x x x x
02 Beli Mesin Potong x
03 Beli Mesin Oliver 58 x
04 Beli Tanah x
05 Buat Bangunan x
06 Expansi Cabang Pemasaran x x x x x
07 Expansi pelanggan x x x x x



TUJUAN PENGAJUAN
PROPOSAL PEMBIAYAAN

Tujuan pengajuan proposal pembiayaan adalah untuk merealisaikan program kerja yakni untuk membeli peralatan mesin potong dan mesin cetak.

Adapun jumlah dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah), dengan alokasi dana sebagai berikut:
1. Mesin cetak Oliver 258 Rp. 150.000.000,-
2. Mesin Exposs Rp. 45.000.000,-
3. Biaya angkut Rp. 2.500.000,-
4. Biaya setting Rp. 7.500.000,-
5. Biaya instalasi listrik Rp. 17.500.000,-
6. Biaya pra operasional Rp. 5.000.000,-
Rp. 200.000.000,-


RENCANA PENGEMBALIAN
PEMBIAYAAN

Rencana pengembalian pembiayaan adalah dengan sistem angsuran, yakni Rp. 5.000.000,- setiap bulan dalam jangka waktu 60 bulan (5 tahun). Sehingga total pengembalian adalah:
Total = Rp. 5.000.000,- x 60 bulan = Rp. 300.000.000,- (tiga ratus dua puluh lima juta rupiah)
JAMINAN PEMBIAYAAN

Untuk mempekuat jalinan kepercayaan dalam pembiayaan diperlukan jaminan. Adapun jaminan yang dapat diberikan antara lain:
1. Komitmen dan kinerja perusahaan
2. Asset perusahaan
3. Mesin oliver 58 dan kelengkapannya.
Sebagai catatan dalam situasi normal, mesin cetak dengan prinsip mekanik mempunyai nilai depresiasi yang rendah setiap tahunnya. Serendah-rendahnya 20% dalam jangka waktu 5 tahun.


LAPORAN KEUANGAN

1. Laporan R/L 31 per Juli 2009

NO KETERANGAN JUMLAH
1.
2. Omset
Harga PokokProduksi*) Rp. 48.028.500,-
Rp. 33.690.050,-
1.
2.
3 Pendapatan Kotor
Biaya operasional
Zakat (5%) Rp. 15.560.450,-
Rp. 5.520.350,-
Rp. 251.003,-
4 Laba Bersih Setelah Zakat Rp. 9.789.098,-
*) - Harga pokok produksi adalah modal/biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi.
- Berhubung belum punya mesin untuk cetak sparasi,maka setiap order sparasi dikerjakan oleh rekanan
dengan membayar jasa cetak. Untuk bulan Mei 2008 total jasa cetak sparasi
sebesar Rp. 11.024.250,-

2. Laporan Neraca per 31 Juli 2009

AKTIVA PASIVA
AKTIVA KEWAJIBAN
Kas 7,500,000 Hutang Usaha 15,500,000
Bank BCA 150,000 Hutang Elektronik 0
Bank Muamalat 500,000 Hutang Kendaraan 3,465,000
Bank BTN Syariah 2,100,000
Uang Muka 0 MODAL 72,954,527
Piutang Usaha 74,300,000 LABA/RUGI BLN BERJALAN 9,789,098
Persediaan 250,000 LABA/RUGI BLN LALU 16,378,325
Sewa dibayar dimuka 4,700,000
Akumulasi sewa (2,875,000)
1,825,000
Peralatan Kantor 44,948,500
Ak. Depr. Peral (12,441,550)
32,506,950
Perlengkapan Kantor 100,000
Kendaraan 25,530,000
Ak.depr. kendaraan (16,425,000)
9,105,000
TOTAL AKTIVA 118,086,950 TOTAL PASIVA 118,086,950

ASUMSI DENGAN PENAMBAHAN MESIN SPARASI
(OLIVER 58)

Asumsi dengan adanya penambahan mesin cetak sparasi (oliver 58), yang utama adalah adanya peningkatan omset produksi hingga minimal 50%-100% atau menjadi Rp 75.000.000,- s.d. Rp 100.000.000,- per bulan pada tahun pertama.

Untuk jasa cetak sparasi bisa mencapai 100% yakni dari Rp. 11.000.000,- menjadi Rp. 22.000.000,-dengan asumsi sebagai berikut:

Keterangan Qty Harga*) 1 hari 26 hari
Pendapatan jasa cetak sparasi 2 set 240,000 480,000 12,480,000
4 set 240,000 960,000 24,960,000

Biaya produksi (Tinta, plate,listrik, dll) 0.35% 84,000 84,000 2,184,000
Biaya tenaga kerja (t.cetak + kernet) 2 set 85,000 85,000 2,210,000
169,000 169,000 4,394,000

Saldo (setelah dikurangi biaya) 2 set 240,000 311,000 8,086,000
4 set 240,000 791,000 20,566,000

Catatan:
- Harga adalah harga per set per 1000 lbr dengan 1 muka, over print (kelebihan cetak) dikenakan biaya Rp 60,- per lembar.
- Dalam sehari, waktu jam kerja efektif adalah 8 jam, dikurangi dengan 1 jam untuk istirahat. Selebihnya dihitung lembur dengan tarif 2 jam pertama Rp 7.000 per jam/orang; 2 jam seterusnya Rp 8.000,- per jam per orang.
- Dalam satu bulan waktu jam kerja efektif adalah 26 hari (untuk kalender hingga tgl 31, tanpa hari libur nasional)

Dari asumsi yang ada, jika rata-rata 1 hari dapat mengerjakan minimal 2 set, maka dalam satu bulan saldo pendapatan dari mesin sebesar Rp. 8.086.000,-
Bila dalam sehari bisa mengerjakan 2 set, maka dalam satu bulan saldo pendapatan dari mesin sebesar Rp 20.566.000,-

Dengan demikian, dari penghasilan mesin diharapkan sudah bisa membayar angsuran sesesar Rp 5.000.000,- per bulan selama 5 tahun (60 bulan).




DAFTAR REKANAN

Daftar rekanan aktif yang sudah terjalin selama 1-4 tahun antara lain:
1. Bank BTN Syariah Yogyakarta
2. Bank Muamalat Yogyakarta
3. AJB Syariah Bumiputera1912
4. LPPM UGM Yogyakarta
5. CV. Solution Pontianak
6. CV. Alfi Seluler Shop Yogyakarta
7. Macell Education Center Yogyakarta
8. T-Nine Coorporation Yogyakarta
9. Quantum Idea
10. PTP Yogyakarta
11. SBTC Yogyakarta
12. SBE Yogyakarta
13. Skadron 3 Madiun
14. Skadron 5 Makassar
15. PT.Scout Look Jakarta
16. PT. Bascomm Yogyakarta
17. Fakultas Farmasi UGM
18. PT. Ceria Yogyakarta
19. PT. Nur Ramadhan Yogyakarta
20. Wahyu Advertising Kendari
21. Dll.


PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sesungguhnya, dengan harapan dapat berkenan di hati bapak/ibu. Segala kekurangan dan kekhilafan, kami ucapkan mohon maaf yang setulus-tulusnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnnya.
Jzakumullahu khairan katsiiraan..

Yogyakarta, 01 Juni 2008
Hormat Kami,
CV. TRI IN ONE GROPS.



Triono
Direktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar